Breaking News

‘BUISET’ Tanggulangi Gizi Buruk dengan Murah Meriah


Bubur Ikan sehat (BUISET) merupakan sebuah program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh lima mahasiswa Biologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya pada hari jumat tanggal 29 April 2011. Program penyuluhan tentang gizi buruk ini bertempat di RT 02 RW I Kelurahan Kedung Cowek Kecamatan Bulak Surabaya. Terinspirasi dari tingginya nilai gizi buruk di daerah pesisir indonesia, khususnya daerah jawa timur yang menduduki peringkat pertama gizi buruk terbanyak pada tahun 2009.
Mayoritas gizi buruk terjadi pada kalangan ekonomi menengah di bawah. Hal ini bisa saja terjadi akibat makanan yang dikonsumsi tidak memiliki kandungan protein atau gizi lain. Dengan mahalnya bahan makanan yang mengandung gizi yang cukup, mereka menjadi kesulitan untuk membelinya. Sosialisasi BUISET menjadi solusi yang dapat menurunkan nilai gizi buruk di daerah pesisir. “Penyuluhan ini difokuskan pada ibu-ibu PKK di RT 02 RW I, karena PKK di RT 02 ini sangat aktif mengadakan kegiatan setiap pekannya. Dengan penyuluhan ini kami berharap adanya kesadaran dari ibu-ibu untuk menerapkan ini kepada para balita di atas empat bulannya, dan menularkan kepada ibu-ibu lain sehinga target jangka panjangnya terjadi penurunan nilai gizi buruk di daerah pesisir”. Ujar Arifiyanto sebagai ketua pelaksana program ini.


Gizi buruk memang harus diperhatikan dengan lebih serius, karena kelimpahan sumber daya alam di negri ini banyak yang belum tereksplor. Semoga dengan adanya sebuah ekslporasi baru ini dapat menjadi salah satu solusi peliknya masalah negri ini. Mari wujudkan Indonesia Sehat bersama-sama.


Foto Bersama Keluarga RT 02 RW I Kel. Kedung Cowek Kec. Bulak Surabaya

Team BUISET Biologi ITS Bersama Ketua RT 02 RW I


Penulis : Dwi Riesya Amanatin

No comments